Sering Sakit Kepala Ketika Berdiri Tidur? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya



Apakah kau sering merasa sakit kepala atau mengeluh kepala terasa sangat berat ketika bangkit tidur? Kalau iya, simak klarifikasi berikut wacana banyak sekali kemungkinan penyebab sakit kepala ketika bangkit tidur, sekaligus cara mengatasinya.
Meski tidak selalu berbahaya, sakit kepala ketika bangkit tidur sanggup mengganggu aktivitasmu sepanjang hari. Sakit kepala ini mungkin saja membuatmu bangkit dari tidur atau segera terasa sesudah bangkit tidur. Sakit kepala lebih umum terjadi pada pukul 4-8 pagi, lantaran pada ketika itu, badan memproduksi lebih sedikit hormon yang membantu meredakan nyeri secara alami.
Berbagai Penyebab Sakit Kepala ketika Bangun Tidur
Beberapa kondisi yang sanggup menjadi penyebab sakit kepala ketika bangkit tidur adalah:
1. Kesulitan bernapas ketika tidur (sleep apnea)
Sleep apnea yakni gangguan yang menjadikan pernapasan penderitanya terhalang atau terimpit selama beberapa detik ketika tidur. Hal ini menjadikan kadar oksigen dalam otak berkurang, sehingga memicu seseorang sakit kepala ketika bangkit tidur.
Beberapa tanda-tanda sleep apnea yakni mendengkur keras, sesak napas ketika tidur, sering terbangun dari tidur, berkeringat ketika tidur dan kelelahan ketika bangkit tidur.
2. Insomnia
Kurang tidur yang disebabkan oleh insomnia juga sanggup memicu sakit kepala. Saat insomnia, kualitas dan jam tidur akan berkurang. Hal inilah yang menjadikan kepala terasa sakit ketika bangkit tidur.
3. Migrain
Migrain atau sakit kepala pada satu sisi juga sanggup menjadi salah satu penyebab sakit kepala ketika bangkit tidur. Sakit kepala lantaran migrain sanggup semakin terasa pada pukul 4-8 pagi.
4. Kebiasaan menggemeretakkan gigi (bruxism)
Meski terlihat sederhana, kebiasaan menggeretakkan gigi ketika tidur sanggup menjadi penyebab sakit kepala ketika bangkit tidur. Hal ini dikarenakan kebiasaan tersebut akan membuat kualitas tidur menjadi berkurang.
5. Stres
Saat stres, beberapa orang cenderung menentukan untuk mengalihkan perhatian dengan cara tidur. Namun, tidak selamanya tidur sanggup menjadi pelarianmu dari duduk perkara yang sedang dihadapi. Stres sanggup menurunkan kualitas tidurmu, sehingga kau akan bangkit dengan sakit kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala ketika Bangun Tidur

Mengalami sakit kepala ketika bangkit tidur tentu sangat tidak nyaman. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasinya:
1. Menjaga kualitas tidur
Kamu sanggup menjaga kualitas tidur dengan membuat suasana tidur yang kondusif, minum air putih sebelum tidur, mematikan gadget, dan memakai humidifier.
Untuk kau yang mungkin menderita sleep apnea, tidur dengan posisi miring sanggup bermanfaat untuk menjaga kualitas tidurmu dan mengurangi sesak napas. Selain itu, penting bagi kau untuk mencukupi waktu tidur, sekitar 7-9 jam per hari.
2. Kurangi stres
Cara yang sanggup kau lakukan untuk mengurangi stres yang sedang kau alami yakni rutin olahraga, melaksanakan meditasi, dan bercerita kepada orang terdekat. Jika stres yang kau rasakan sudah semakin parah dan mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog.
3. Lakukan teknik relaksasi
Melakukan teknik relaksasi sebelum tidur bermanfaat untuk membuat tidurmu lebih nyenyak dan menghindarkanmu dari sakit kepala ketika bangkit tidur. Teknik relaksasi yang sanggup kau lakukan yakni meditasi dan yoga.
3. Hindari mengonsumsi terlalu banyak kafein sebelum tidur
Mengonsumsi terlalu banyak kafein sebelum tidur akan membuatmu sulit tidur, serta menjadikan tidurmu jadi tidak nyenyak. Kafein sanggup kau dapatkan dari kopi, teh, atau cokelat. Selain itu, kau juga sebaiknya menghindari makan berat sebelum tidur.
Sakit kepala ketika bangkit tidur sanggup diatasi dengan cara-cara di atas. Namun bila sakit kepala yang kau alami tidak kunjung mereda atau disertai tanda-tanda lain, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter supaya sanggup diketahui penyebabnya dan ditangani dengan tepathttp\ blogacuy.Blogspot .com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Memutihkan Kulit Alami Yang Bakal Sukses Bikin Pangling

5 Cara Alami Menghilangkan Komedo Yang Dapat Dicoba Setiap Malam

8 Penyebab Bayi Muntah Sehabis Minum Asi Yang Jarang Diketahui