Ibu Hamil Ikut Puasa? Ini Tips Mengatur Waktu Semoga Tidak Kurang Tidur


blog acuy

Puasa di bulan Ramadhan selama 30 hari tentu akan mengubah banyak teladan tidur, tak terkecuali pada ibu hamil yang ikut berpuasa. Padahal tidur yang cukup merupakan hal yang sangat penting bagi
kesehatan ibu hamil dan janinnya.
Belum lagi kalau harus membantu menyiapkan masakan sahur dan berbuka bagi keluarga. Risikonya waktu tidur akan amburadul dan jadi kurang tidur. Kepala Departemen Maternitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI), ns Dr Imami Nur Rachmawati, SKp, MSc mengingatkan ibu hamil untuk mengutamakan beristirahat.
"Jangan lupa istirahat. Baik ibu hamil yang berpuasa maupun tidak harus cukup istirahat ya. Idealnya delapan jam malam dan satu jam siang. Kenapa kurang tidur? Karena biasanya ibu-ibu ini ya mempersiapkan sahur. Magrib juga biasanya kita habiskan waktu untuk beribadah, salat tarawih, baca Quran, kadang dapat hingga malam," jelas dr Imami dikala ditemui di Rumah Sakit UI Depok,
Ia melanjutkan, kurang tidur dapat berakibat menurunnya konsentrasi pada ibu hamil, lalu emosi dan risiko kecelakaan semakin besar. Peningkatan tekanan dan gula darah naik, sehingga kalau terjadi pada ibu hamil maka dapat meningkatkan risiko hipertensi dan diabetes tipe 2 yang tentu berbahaya baik bagi kesehatan ibu maupun janin.
Kaprikornus bagaimana sebaiknya ibu hamil mengatur waktu semoga tak kurang tidur dikala bulan Ramadhan?
"Geser waktu tidur malam. Sudah beres semuanya, jam 9, 10 tidur. Siap-siap untuk masak sahur. Lalu sempatkan tidur sehabis sahur setengah jam saja, jadi sahur jangan mepet-mepet waktu subuh ya," saran dr Imami.
Kemudian curi-curi waktu tidur, misal di kantor dikala bekerja atau di KRL. Jangan lupa perhatikan apa yang dikonsumsi sebelum tidur, ciptakan lingkungan yang nyaman di kamar tidur (lebih baik tanpa gadget yang menyala), tetap rutin berolahraga serta tidak membedakan agenda tidur antara libur dan hari kerja.
"Kalau weekend, dari subuh hingga dhuhur tidurnya. Kan ibadah tidur? Hehehe. Jangan, nanti resah sebab harus ini-itu, ini harus ngapain, itu akan menganggu kita dan menciptakan kita lebih capek," sarannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Memutihkan Kulit Alami Yang Bakal Sukses Bikin Pangling

5 Cara Alami Menghilangkan Komedo Yang Dapat Dicoba Setiap Malam

8 Penyebab Bayi Muntah Sehabis Minum Asi Yang Jarang Diketahui