4 Tips Berolahraga Ketika Puasa

blog acuy

Pada ketika puasa, olahraga tetap sanggup dilakukan. Namun alasannya yakni kondisi tubuh ketika berpuasa tentunya tidak sama dengan biasanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan semoga olahraga tidak mengganggu ibadah ini.
Puasa sebulan penuh selama bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat Muslim. Di Indonesia, puasa dilakukan selama kurang lebih 13 jam. Artinya, dalam kurun waktu tersebut, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman sama sekali. Nah, alasannya yakni takut lemas dan jadi batal puasa, banyak orang merasa enggan untuk melaksanakan olahraga ketika berpuasa.
Tips Berolahraga ketika Puasa
Olahraga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berolahraga dengan rutin tidak hanya membantu mengontrol berat badan, tetapi juga menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Selain itu, olahraga juga sanggup meningkatkan kekuatan otot dan tulang, memperlambat penuaan, dan mengurangi stresBerikut ini yakni beberapa tips semoga Anda tetap sanggup berolahraga ketika puasa:
1. Memilih jenis olahraga yang tepat
Jenis olahraga yang dianjurkan yakni olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, contohnya berjalan kaki, yoga, atau bersepeda santai. Olahraga ini sanggup dilakukan selama sekitar 30 menit dengan frekuensi 3-5 kali seminggu.
Olahraga intensitas ringan tidak hanya bermanfaat untuk memperabukan kalori, tetapi juga menghilangkan stres dan meningkatkan kebugaran. Hindari melaksanakan olahraga berat, menyerupai berlari dan angkat beban. Olahraga berat boleh dilakukan 1-2 jam sehabis berbuka puasa.
2. Menentukan waktu yang sempurna untuk berolahraga
Waktu terbaik untuk berolahraga ketika puasa yakni 30-120 menit sebelum berbuka. Jadi, energi yang dipakai ketika olahraga sanggup segera digantikan sehabis berbuka puasa. Hindari berolahraga di luar ruangan ketika siang hari, alasannya yakni sanggup mengakibatkan kehilangan cairan tubuh jawaban hilangnya cairan tubuh secara berlebihan.
3. Menjaga asupan nutrisi
Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang ketika sahur dan berbuka sangat penting. Porsi makanan diubahsuaikan dengan kebutuhan, tidak kurang dan tidak pula berlebihan. Selain itu, jenis makanan yang dikonsumsi harus seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat.
Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat, sehingga akan menciptakan Anda merasa kenyang lebih lama. Di samping itu, nutrisi ini sanggup menawarkan cadangan energi yang tinggi selama berpuasa. Makanan yang termasuk sumber karbohidrat kompleks yakni biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, nasi merah, dan sayuran.Untuk memperbaiki jaringan otot yang lelah ketika berolahraga, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi protein, menyerupai telur, daging, dan ikan. Hindari makanan dengan lemak jenuh, contohnya gorengan, serta makanan yang terlalu manis.
Dan yang tidak kalah penting, jangan melewatkan makan sahur semoga Anda mempunyai cukup energi untuk berolahraga dan melaksanakan kegiatan hingga waktu berbuka puasa.
4. Memperbanyak minum air putih
Agar terhindar dari dehidrasi, Anda dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Untuk menjaga keseimbangan elektrolit, Anda sanggup mengonsumsi air kelapa ketika berbuka puasa.
Hindari minum kopi, teh, dan soda, alasannya yakni mengandung kafein yang bersifat diuretik. Efek diuretik artinya menciptakan lebih sering buang air kecil, dan ini sanggup mengakibatkan dehidrasi.
Olahraga bukanlah pantangan dalam puasa. Justru dengan tetap berolahraga, Anda akan merasa lebih bugar selama berpuasa. Namun, Anda juga harus sanggup memahami kondisi tubuh sendiri. Jika merasa lemas atau pusing, jangan memaksakan diri, alasannya yakni ini sanggup mengambarkan tubuh Anda sedang mengalami hipoglikemia (gula darah rendah) atau dehidrasi.
Apabila Anda mempunyai riwayat penyakit tertentu, menyerupai diabetes dan hipertensi, atau sedang menjalani pengobatan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter bila ingin berolahraga ketika puasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Memutihkan Kulit Alami Yang Bakal Sukses Bikin Pangling

5 Cara Alami Menghilangkan Komedo Yang Dapat Dicoba Setiap Malam

8 Penyebab Bayi Muntah Sehabis Minum Asi Yang Jarang Diketahui