11 Obat Sakit Radang Tenggorokan Alami



Penyakit yang terakhir ini niscaya sering sekali Anda dengar kan? Tapi tahukah Anda apa penyebab radang tenggorokan? Radang tenggorokan atau faringitis bekerjsama merupakan dampak dari penyakit lainnya menyerupai flu atau demam. Penyakit tersebut mengakibatkan pembengkakan pada penggalan belakang tenggorokan dan disebut sebagai faring.
Radang tenggorokan memang termasuk penyakit yang sangat umum dialami oleh banyak sekali kalangan, baik anak kecil maupun orang cendekia balig cukup akal dan lansia. Namun biasanya anak di usia 5 sampai 15 tahun yang paling sering mengalami radang tenggorokan. Faringitis ini terjadi biasanya disebabkan infeksi kuman yang disebut dengan nama streptococcus. Gejala dari radang tenggorokan biasanya sangat gampang dikenali, contohnya saja adanya rasa mengganjal pada tenggorokan dan susah untuk menelan makanan.Nah, selain dengan mengunjungi dokter, ada juga beberapa obat radang tenggorokan yang sanggup Anda coba di rumah menyerupai berikut ini:

1. Air Garam

Obat sakit tenggorokan yang pertama ialah air garam. Ya, Anda tinggal melarutkan garam ke dalam segelas air kemudian menggunakannya untuk berkumur. Air garam ini berfungsi untuk membunuh kuman yang mengakibatkan peradangan. Tapi ingatlah untuk tidak menelan air garam ini, ya.

2. Teh Lemon Madu

Obat alami radang tenggorokan ini juga sanggup dengan gampang didapatkan di rumah, kan? Anda tinggal menyeduh lemon tea dengan madu yang sanggup membantu menghilangkan lendir di dalam tenggorokan. Sedangkan kandungan vitamin C di dalam lemon bermanfaat untuk memaksimalkan imunitas badan sehingga sanggup melawan virus
penyebab radang tenggorokan dengan lebih mudah.

3. Susu Kunyit

Mendengar obat alami ini mungkin Anda akan merasa aneh, ya. Tapi percayalah jika segelas susu hangat yang dicampur dengan sejumput kunyit abu sangat mempunyai kegunaan untuk mengobati radang tenggorokan. Di dalam kunyit terkandung zat yang sanggup mengurangi peradangan pada tenggorokan
sehingga sanggup menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

4. Bawang Putih Mentah

Salah satu obat alami yang juga sangat ampuh mengatasi radang tenggorokan ialah bawang putih mentah. Anda sanggup mengunyah sebutir bawang putih beberapa kali dalam sehari. Bawang putih ini mempunyai kandungan antibiotik yang sanggup membantu menyembuhkan radang tenggorokan.
Nah, selain mengonsumsi obat radang tenggorokan, Anda juga perlu sekali memperhatikan kuliner dan minuman apa saja yang dikonsumsi. Sebab kuliner dan minuman ini melewati tenggorokan sehingga berperan penting untuk membantu
menyembuhkan peradangan.

5. Air Putih

Penting sekali mengonsumsi air putih selama tenggorokan mengalami peradangan. Air putih ini berfungsi untuk membersihkan lendir, meredakan rasa nyeri, dan menjaga kelembapan di dalam tenggorokan sehingga Anda akan lebih cepat sembuh. Anda sanggup mengonsumsi air putih hangat untuk membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

6. Sup Ayam

Mengapa sup ayam baik dikonsumsi pada dikala radang tenggorokan? Kaldu ayam dalam sup kaya akan vitamin dan mineral yang sanggup memperbaiki kondisi badan dan tenggorokan. Selain itu, di dalam sup ayam juga ada adonan bawang putih yang kaya akan antibiotik untuk menghilangkan kuman dan virus di dalam tenggorokan.

7. Tumis Sayuran

Kalau Anda sedang radang tenggorokan, sebaiknya hindari kuliner yang terlalu tinggi minyak menyerupai gorengan. Tapi perbanyaklah sayuran yang dimasak dengan proses tepat. Tumisan sayuran merupakan salah satu hidangan terbaik lantaran sayuran dimasak tidak terlalu usang sehingga kandungan nutrisinya masih sangat terjaga. Beberapa jenis sayuran yang cocok dijadikan tumisan ialah wortel, buncis, kubis, kacang panjang, dan kentang.

8. Olahan Telur

Telur mungkin menjadi salah satu olahan favorit di rumah ya. Anda sanggup memasak telur menjadi orak-arik yang lembut dengan adonan mentega. Telur yang lembut ini akan gampang disantap dan tidak terasa mengganjal pada tenggorokan. Telur juga kaya akan protein yang baik untuk kesehatan dan sanggup membantu mempercepat penyembuhan tanggapan radang tenggorokan.
Baca juga: Musim Hujan, Kenali 2 Jenis Batuk yang Paling Sering Diderita

9. Pisang

Untuk Anda yang ingin makan buah selama radang tenggorokan, pisang ialah pilihan terbaik. Sebab di dalam pisang terkandung kalium dan potasium yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja, pisang mempunyai tekstur yang lembut sehingga terasa gampang ditelah pada tenggorokan yang sedang mengalami peradangan. Pisang juga sanggup diolah dengan dikukus atau dipanggang, namun jangan digoreng lantaran minyaknya akan memperparah radang tenggorokan.

10. Peppermint Tea

Selama radang tenggorokan, sebisa mungkin hindari konsumsi minuman berkarbonasi. Kalau Anda ingin sesuatu yang menyegarkan, sanggup mencoba peppermint tea. Rasa teh yang khas dipadu dengan sensasi hambar dan minty dari peppermint sanggup membantu melegakan tenggorokan. Minuman ini boleh dikonsumsi dalam kondisi hambar ataupun panas.

11. Corn Soup

Anda kesulitan menelan nasi dikala radang tenggorokan? Asupan karbohidrat sanggup diganti dengan yang lainnya menyerupai jagung. Haluskan jagung dan campurkan dengan susu cair serta mentega. Berikan bumbu bawang putih, garam, dan merica. Lalu didihkan sampai matang. Corn soup ini menjadi hidangan terbaik untuk disantap dikala radang tenggorokan lantaran sanggup mengenyangkan sekaligus memperlihatkan energi besar untuk tubuh.
Kini Anda sudah tahu kan, serba-serbi mengenai radang tenggorokan, beserta obat yang dibutuhkan? Mulai dikala ini, cobalah untuk menjaga kondisi kesehatan dengan memperhatikan gaya hidup dan asupan contoh makan. Segera periksakan diri ke dokter dan konsumsi obat secara teratur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Memutihkan Kulit Alami Yang Bakal Sukses Bikin Pangling

5 Cara Alami Menghilangkan Komedo Yang Dapat Dicoba Setiap Malam

8 Penyebab Bayi Muntah Sehabis Minum Asi Yang Jarang Diketahui